"Udep Beusaree Mate Beusadjan Sikrek Gafan Saboh Keureunda" (Hidup Bersama, mati bersama dengan selembar kain kafan dalam satu keranda. Achehnese

Friday, September 09, 2005

My Moms Birthday

9 september ini mama ku tercinta ulang tahun yang ke 45. Aku menelponnya tengah malam untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Tapi kayanya mama ga terllu ngeh kalo aku nelpon. Mama. Aku selalu kagum sama mama, dia itu perempuan yang paling hebat sepanjang masa. Mama hanya lulusan SMEA akan tetapi dia memiliki pemahaman seperti S1. prinsip emansipasi diterapkan dalam kehidupannya tanpa dia sendiri pernah belajar secara dalam ataupun memahami apa itu emansipasi. Tidak seperti Kartini yang emansipasi hanya dalam curhat sementara dia sendiri menikmati jadi istri ketiga. Padahal ia memiliki kesempatan untuk melarikan diri dan bergabung dengan para pejuang kemerdekaan. Dan bodohnya hanya gara-gara curhat dia diangkat jadi pahlawan emansipasi, kenapa ga mereka para prajurit perempuan yag diangkat. Maaf bu, bagi saya anda tidak pantas menyandang gelar tersebut dan mereka yang mengangkat ibu sebagai pahlawan itu berdasarkan subjektifitas sempit golongan yang kebetulan memegang kekuasaan.
Mama memberi kebebasan memilih pada diriku, karena dia yakin bahwa aku sudah bisa memilih. Tau mana baik dan buruk. Walau dia keberatan dengan pilihan ku untuk berjuang akan tetapi dia menghormati pilihanku.
Mama juga orang yang tidak berusaha mencitrakan dirinya ataupun mengaitkan segala sesuatu dengan religius tidak pada tempatnya, akan tetapi dia berkata denga keras ketika aku memprotes tuhan dengan tidak shalat seperti kebanyakan orang yang menggunakan simbol-simbol agama dan menjalankan ritual-ritualnya dibarengi juga perbuatan yang tidak agamawi. Bagi mama ia hanya hidup tenang dan rukun dengan keluarga dan tetangga itu sudah cukup dalam hal cita-cita yang tinggi, kekritisan, dan mungkin kemampuan intelektual yang lumayan aku mewarisi kharakter ayahku.
Hanya sayangnya dia tidak memahami konsekuensinya. Ketika ada konsekuensi itu dia marah. Tapi gapapalah, dia orangtua berhak marah. Ku punya cita-cita menempatkan mama di tempat yang tinggi. Aku janji akan membuat dia bangga, aku janji aku akan mencintai dan menjaganya seumur hidupku dan tidak akan pernah mengecewakannya.
Happy Birthday Mom